Rabu, 16 Januari 2008

Menjadi Enterpreneur di Era Global

dikutip dari web ikafelangga.com

Tokoh yang satu ini memang tidak asing di kalangan alumni. Perhatian & sepak terjangnya demi kemajuanbeberapa bidang di lingkungan Unair menjadi bukti nyata. Untuk mengenal lebih dekat sosok Haryanto Basyuni berikut bincang-bincang redaksi dengan beliau di kediamannya yang asri di daerah ketintang, Surabaya.

Redaksi : Selamat sore Bapak, selamat & sukses pula atas terselenggaranya Kongres IKAFE beberapa waktu yang lalu.

Haryanto : Terima kasih juga. Saya juga mengucapkan syukur alhamdulillah karena acara tersebut berlangsung tertib & gayeng.

Redaksi : Sebelum bincang-bincang lebih jauh, kami ingin diceritakan profil pendidikan & bisnis yg. ditekuni.

Haryanto : Saya alumni FE Unair Jurusan Umum (sekarang Jurusan Ilmu Ekonomi) angkatan 1972, lulus tahun 1981. Saya seangkatan dengan Romanus Wilopo (Ketua ISEI Cabang Surabaya), Suhendro (Komisaris PT Petrokimia Gresik) & Edi Utomo (Direktur SCOMPTEC). Semenjak kuliah saya sudah bekerja/wiraswasta. Ketika masih mahasiswa tingkat 4 (semester 8) saya buka kantor di jl. Pemuda 60 Surabayadi bidang air cargo (kargo udara) sampai tahun 1981. Kemudian bisnis semen mulai 1982 sampai 1986. Namun karena situasinya sulit, saya bangkrut dg kondisi minus.

Redaksi : Saat ini bidang apa yang Bapak geluti ?

Haryanto : Saat ini saya menjalankan usaha dengan bendera CV Bangun Arta yg. mulai didirikan sejak 1981. Sengaja dipilih CV Bangun Arta karena dari beberapa nama perusahaan yang pernah saya miliki, nama yang satu ini membawa keberuntungan. Sejak bisnis semen jatuh tahun 1987, saya merintis bisnis baru sebagai supplier tunggal batu kapur untuk pabrik karbit baru (MDQ) di Driyorejo-Gresik sampai dengan sekarang. Selain itu saya jugamendistribusikan produk karbit tersebut ke seluruh Indonesia.
Saat ini ada 2 bidang usaha yg. saya geluti, yaitu batu kapur/gamping serta batubara. Untuk batu kapur men-suplai ke pabrik karbit PT Emdeki Utama, PT Smelting Gresik, PT IGLAS, PT Sirad, PT Wonokoyo, PT Charoen Phokpand untuk pakan ternak. Selain itu CV Bangun Arta juga memenangkan tender pengadaan batu kapur untuk PLTU Tanjung Jati B di Jepara selama 10 tahun. Sedangkan batubara men-suplai PT New Mont Nusa Tenggara, PT Indah Kiat Pulp & Paper & PT Hanil Jaya Metal Work. Sebagai pengembangan usaha saya mengadakan usaha jasa berupacrushing & loading batubara yang ditempatkan di pelabuhan, bekerjasama dengan kontraktor dari beberapa perusahaan diantaranya PT Arutmin Indonesia, PT Cipta Krida Tama (anak peruhaan PT Trakindo Utama)PT Jhonlin Barutama & PT Antara di Batulicin, dg. PT Borneo Indobara & PT DTBS di Sungai Danau & Asam-asam yg semuanya di Kalimantan Selatan.

Redaksi : Berdasarkan pengalaman Bapak selama ini, kiat-kiat apa yang harus dimiliki kalau ingin jadi pengusaha ?

Haryanto : Ada beberapa hal yang perlu dimiliki oleh para pengusaha untuk bisa bertahan di era global ini, yaitu :
1. Pengusaha harus mampu melakukan efisiensi biaya
2. Harus punya kelebihan dibandingkan pesaing
3. Harus dapat menjaga kepercayaan & kepentingan mitra bisnis
4. Harus jujur & bekerja keras
5. Dapat menangkap peluang yang ada
6. Memberikan perhatian, motivasi & menghargai prestasi karyawan agar mereka loyal& merasa ikut memiliki.

Redaksi : Kira-kira program apa yang akan dilakukan oleh pengurus IKAFE yg baru ?

Haryanto : Kepengurusan kali ini tampaknya sedikit gemuk agar bisa mengakomodasi banyak angkatan agar bisamengajak teman-teman alumni lainnya. Untuk program internal kami akan lebih mempererat komunikasi antar alumni agarpara alumni dapat memberikan sumbangsih bagi alma mater. Untuk program eksternal kami akan memback-upUnair yg. sudah jadi BHMN agar lebih berperan & lebih banyak sumbangsihnya untuk bangsa & negara.

Redaksi : Kami rasa bincang-bincang kali ini cukup sekian, sekali lagi redaksi mengucapkan selamat bekerja semoga program-programnya dapat berjalan dengan baik dan sukses.

NB: Haryanto Basyuni adalah Ketua Ikafelangga periode 2007-20012

Tidak ada komentar:

 

© 2007 Info Reaksi: Menjadi Enterpreneur di Era Global | Design by Template Unik



Template unik dari rohman


---[[ Skip to top ]]---